Video Pengalaman Mancing di Rakit Jatiluhur

Sabtu, 04 Juni 2016

Asal Mula dan Nilai Gizi Ikan Nila (Mujair)



Pengenalan Ikan Nila (Mujair)

Ikan Nila maupun mujair adalah ikan air tawar yang masih satu spesies. Keduanya hidup didaerah/perairan air tawar yang menggenang, misalnya seperti danau, rawa-rawa, kolam, telaga, waduk atau perairan air tawar yang tenang lainnya. Kedua jenis ikan ini harganya sangat terjangkau, karena sangat mudah untuk dibudidayakan dan mempunyai daya tahan yang bagus dibandingkan dengan ikan mas. 


Ikan Nila adalah ikan asli sungai Nil dan Afrika Utara, tetapi kini telah menyebar secara luas dan dibudidayakan diseluruh negara Asia juga. Beberapa negara menganggap nila adalah pesies ikan yang invasif, karena sangat adaptif dan dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Para petambak air tawar biasanya menganggap ikan nila adalah sebagai hama, karena bisa menghabiskan makanan ikan yang sebenarnya dibudidayakan. 

Ada kontroversial diantara ikan nila dan mujair, faktanya kedua ikan ini adalah pembersih alami bahan detritus dan beracun dalam lingkungan air yang mereka tempati. Jadi ikan ini sebenarnya menguntungkan, karena kemampuannya memurnikan air dan mengurangi limbah oksigen. Lain halnya jika untuk dikonsumsi, karena ini tidak selalu baik. Anda harus membeli ikan nila dari sumber pertanian ikan yang bersih, dengan lingkungan yang sehat. Jadi jika ikan diambil dari tempat perairan yang tercemar, ikan nila maupun mujaer bisa tidak baik bagi kesehatan. Ikan Nila sudah dikenal sangat luas diseluruh dunia sebagai bagian dari kuliner. Rasanya yang lezat, mudah didapat, bergizi, serta bisa diolah menjadi beragam menu masakan ikan spesial. 

Mari kita lihat lebih dekat pada beberapa komponen nutrisi ikan nila yang membuatnya seperti elemen penting dalam diet kita. 

Nilai Gizi Ikan Nila (Mujair)
Ikan nila dan mujaer juga sangat dihargai karena kualitas nutrisi yang menguntungkan, seperti vitamin, mineral, dan protein. Ikan ini adalah sumber yang baik omega-3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niasin(vitamin B-3), vitamin B6, dan asam pantotenat(vitamin B-5). Selanjutnya akan kita bahas manfaat kesehatan makan ikan mujair, berdasarkan nilai gizi yang dikandungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar